Jumat, 09 November 2007

BAB 7

1. Apakah perbedaan antara SLC dan SDLC?

Jawab :

- Siklus hidup system (system life cycle – SLC) adalah penerapan pendekatan system untuk pengembangan system atau sub system informasi berbasis computer. SLC terdiri dari serangkaian tgas yang erat mengikuti langkah-langkah pendekatan system. Karena tugas-tugas tesebut suatu pola yang teratur dan dilakukan secara top-down.
- Siklus hidup pengembangan system (system depelopment life cycle-SDLC) yaitu terdiri dari 4 thp. adalah perencanaan, analisis, rancangan, dan penerapan, sedangkan tahap kelima adalah tahap penggunaanya yang berlangsung sampai sudah waktunya untk merancang system itu kembali. Proses merancang kembali mengkibatkan siklus ini akan diulangi lagi

2. Mengapa orang-orang selain spesialis informasi membuat keputsn-kputusn penting selama SLC?

Jawab :

- spesialis infrmasi dari unit jasa infrmasi jarang jadi pencetusny, karena mereka tidak selalu berada ditempat u/ mengamati gejala-gejala permasalahan.

3. Fungsi apa yg dilaksanakan komite pengarah sim?

Jawab:

- komite pengarah sim melaksanakan 3 fungsi utama :
a. menetapkan kebijakan yg memestikan dukungan komputr u/ mencapai tujuan strategis perusahaan.
b. menjadi pengendali keuangan dgn bertindak sebagai badan yg berwenang memberi persetujuan bagi smua permintaan dana yg berhbungan dgn computer.
c. menyelesaikan pertentangan yg timbul sehubungan dgn prioritas penggunaan komputer.

4. Mengapa manajer membuat rencana?

Jawab :

- karena perencanaan akan menghasilkan keuntungan-keuntungan sbb :
a. menentukan lingkup dari proyek
b. mengenali berbagai area permasalahan potensial
c. mengatur urutan tugasd. memberikan dasar untuk pengendalian- manajemen menginvestasikan waktu dalam perencanaan ini dg harapan akan memperoleh hasilnya nanti dalam siklus hidup.

5. Siapa yg biasanya mengenali masalah?

Jawab :

- Manajer dan analisis system.

6. Dari mana asal kendala-kendala system?

Jawab :

- Beberapa kendala ditimbulkan oleh lingkungan, seperti laporan pajak yg diminta oleh pemerintah dan infrmasi pembayaran yg ditimbulkan konsumen. Kendala lain ditimbulkan oleh manajemen perusahaan, seperti menggunakan perangkat keras yg telah ada atau menyiapkan dan menjalankan system pada taggal tertentu.

7. Apakah perbedaan antara studi kelayakan dan penelitian sisitem?

Jawab :

*Studi KelayakanMerupakan studi kelayakan tinjauan sekilas pada faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
*Penelitian SistemPenelitian ini akan memberikan dasar yang terinci untuk rancangan sistem baru mengenai apa yang harus dilakukan sistem itu dan bagaimana sistem itu melakukannya.

8. Apa 6 dimensi kelayakan? Beri tanda bintang pada dimensi yang berhubungan dengan proyek daripada sistem!

Jawab :

a. teknis (*)
b. Pengembalian ekonomis
c. Pengembalian non ekonomis
d. Hukum dan Etika
e. Operasional
f. Jadwal

9. Ketika komite pengaruh SIM memutuskan untuk menyetujui tahap analisis, apakah dua pertanyaan yang mereka ajukan?

Jawab :

Ketika komite memutuskan untuk menyetujui tahap analisis, ada dua pertanyaan yang diajukan yaitu :
a. akankah sistem yang diusulkan mencapai tujuannya?
b. apakah penelitian proyek yang diusulkan merupakan cara terbaik untuk melakukan analisis sistem?

10. Tahap SLC yang mana yang menyertakan pengumuman kepada karyawan? Apa tujuan pengumuman itu?

Jawab :

Tahap SLC yang menyertakan pengumuman kepada karyawan yaitu pada mengumumkan penerapanTujuannya untuk menginformasikan pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta kerja sama pegawai

Tidak ada komentar: